image
  • Kategori: Pariwisata
  • By Admin
  • 0 komentar
  • 15 May 2023

Wujudkan Destinasi Berkelanjutan, Dispar Lombok Utara Gelar Pelatihan Kebersihan, Sanitasi dan Pengelolaan Sampah di Destinasi Wisata

Dinas Pariwisata Kabupaten Lombok Utara menggelar pelatihan bagi SDM lokal dan Kelompok Sadar Wisata (POKDARWIS) di Kabupaten Lombok Utara. Kali ini pelatihan yang diangkat adalah Pelatihan kebersihan, sanitasi dan pengelolaan sampah di destinasi wisata.
 
Pelatihan terdiri dari pemaparan materi yang disampaikan oleh para akademisi, Staff Ahli Bidang Ekonomi, Keuangan dan Pembangunan, Dinas Kesehatan, Kepala Dinas Lingkungan Hidup, aktivis/pemerhati lingkungan hidup dan pengelola TPS. Materi yang didapatkan peserta sangat beragam mulai dari pentingnya kebersihan llingkungan, pengelolaan sanitasi ramah lingkungan dan pengelolaan sampah ramah lingkungan di destinasi pariwisata.
 
Selain sesi pemaparan materi, peserta juga diberi kesempatan untuk sesi diskusi dan tanya jawab mengenai penyelenggaraan kebersihan lingkungan, sanitasi dan pengelolaan sampah guna memperdalam ilmu dan informasi yang didapat. Tak ketinggalan juga, peserta mendapat materi kunjungan lapangan yang disampaikan oleh narsumber Pengelola TPS.
 
Bertempat di Hotel Amarsvati Resort and Condotel, pelatihan dilaksanakan selama tiga hari mulai tanggal 10-12 Mei 2023. Pelatihan ini bersumber dari Dana Alokasi Khusus (DAK) Non Fisik Dana Pelayanan Kepariwisataan dari Pemerintah Pusat.
 
Diharapkan melalui pelatihan ini, peserta mendapat ilmu dari materi serta pengalaman dari praktik untuk menyelenggarakan kebersihan lingkungan, sanitasi dan pengelolaan sampah, terutama di destinasi pariwisata lombok utara. Agar nantinya bisa membangkitkan daya tarik wisatawan yang berkunjung ke destinasi wisata.
 
-
(DISPAR/RJA)

Komentar

Komentar

isi data dibawah untuk komentar